About Me

Monday, November 11, 2013

Berhenti Mengeluh... dan Selesaikan Semuanya :)

Apakah kamu merasa bahwa kamu adalah manusia yang tidak beruntung?

Apakah kamu merasa bahwa Allah tidak pernah membantumu?

Apakahkah kamu merasa tersiksa dengan kehidupanmu?

Jika jawabannya tidak. Bagus.
Jika jawabannya iya. Salah.

Cobalah berfikir bahwa kehidupan ini bukanlah beban, dan coba lihat semua hal yang terjadi dari sisi positifnya. Seperti yang sedang aku alami. Aku bukanlah remaja yang terlepas dari kata ‘stress’. Aku memiliki keluarga yang sering berbeda pendapat, aku memiliki teman – teman yang terkadang menyebalkan, banyak tugas dari sekolah yang harus aku selesaikan, belum lagi tahun depan aku akan menghadapi berbagai macam ujian dari sekolah. Tapi…. Buat apa kita mengeluh akan semua itu? Seperti halnya matematika jika kita hadapi soal demi soal tentu akan selesai, walaupun jawaban kita salah tapi kita sudah mencoba dan pastinya kita akan tahu jawaban yang benar. Karena bisa atau tidak kita mengerjakan soal matematika itu, kita akan tetap dihadapi oleh soal itu.

Apakah kalian mengerti maksud perumpaan yang aku buat itu? Hahaha
Jadi…. Maksudnya adalah, sesulit apapun permasalahan yang kita miliki, kita akan dan pasti menghadapinya. Yang membedakan adalah bagaimana cara kita menyelesaikan masalah tersebut. Ada yang menunda sehingga semakin banyak dan menumpuk bahkan akan menimbulkan masalah baru. Ada juga yang acuh tak acuh terhadap permasalahannya, dengan cara – cara negative mereka meluapkan semuanya. Tapi, kenapa tidak kita coba hadapi dengan hal – hal yang sederhana? Pasti kita tahu cara untuk menyelesaikan masalah yang kita harus hadapi, karena Tuhan tidak akan pernah memberikan cobaan yang melebihi batas kemampuan hambanya. Betul?

Jadi, cobalah untuk tidak memperbesar masalah. Cobalah untuk menyelesaikannya dan jangan mengeluh berlebihan. Dan yang paling penting untuk diingat. Berfikirlah masih banyak orang di luarsana yang memiliki permasalahan yang jauh lebih rumit di bandingkan masalah yang kita hadapi.

Semangat dan tetap tersenyum. Jika kita gagal teruslah berusaha lagi. Jangan pernah anggap bahwa diri kita tidak mampu. Tapi berfikir bahwa kita mampu dan kita bisa menghadapi apapun cobaan yang Tuhan berikan.

Dan kunci utama untuk bertahan adalah usaha dan doa.
Tanpa usaha lo ga bisa, dan lo ga kuat tanpa doa!
Manjjadda wa jadda… Allahuakbar :) 

No comments:

Post a Comment